2 MASALAH RAMBUT YANG HARUS KITA HINDARI DAN CARA MENGATASINYA

2 MASALAH RAMBUT YANG HARUS KITA HINDARI DAN CARA MENGATASINYA post thumbnail image

2 MASALAH RAMBUT YANG HARUS KITA HINDARI DAN CARA MENGATASINYA

Selain wajah, rambut juga merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi perhatian bagi kaum wanita. Rambut diibaratkan sebagai perhiasan yakni mahkota. Sebagai perhiasan wanita, patutlah jika mereka akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk merawatnya. Mereka akan menghabiskan waktunya untuk perawatan rambut di salon.

Masalah rambut

Walaupun sudah melakukan perawatan masih saja sering ditemukan masalah pada rambut. Masalah rambut seperti ketombe, kerontokan, maupun rambut kering sering menjadi momok bagi kaum wanita. Masalah-masalah tersebut membuat wanita menjadi tidak percaya diri.

Ketombe

Pernahkah kalian menemukan serpihan-serpihan berwarna putih pada bahu pakaian hitam kalian? Itu merupakan salah satu masalah rambut yakni ketombe. Ketombe pada umumnya memiliki warna putih keabu-abuan. Serpihan-serpihan tersebut berasal dari kulit kepala. Rambut yang terindikasi terdapat ketombe gejalanya ialah gatal-gatal pada kulit kepala dan terkadang sampai timbul radang.

Penyebab timbulnya ketombe pada kulit kepala diantaranya:

  1. Penyakit Dermatis seboroik

Penyakit ini merupakan penyakit yang paling sering menyebabkan ketombe. Penyakit Dermatis seboroik ditandai dengan kulit memerah dan lebih berminyak. Selain itu kulit kepala dilapisi oleh serpihan kulit kepala yang berwarna keputihan.

  1. Malas mencuci rambut

Kulit kepala yang jarang dicuci dan dibersihkan menggunakan sampo akan membuat kulit kepala dan rambut menjadi kotor. Sel kulit mati akan menumpuk dan mengakibatkan masalah rambut yakni ketombe.

Rambut rontok

Rambut memang normal untuk rontok setiap harinya. Namun, hal tersebut menjadi tidak normal jika kerontokan lebih dari 100 helai per hari. Kenali penyebab rambut kalian rontok yaitu:

  1. Penggunaan air panas ketika keramas

Batang rambut akan mudah rapuh dan patah jika kita sering menggunakan air panas ketika mencuci rambut. Rambut akan kehilangan minyak alaminya juga jika kita terlalu sering menggunakan air panas. Untuk itu, sebaiknya kita menggunakan air dingin maupun hangat ketika mencuci rambut.

  1. Stres

Dalam kehidupan, tidak bisa kita hindari jika ada saja permasalahan dalam hidup. Permasalahan-permasalahan tersebut bisa membuat kita stres. Stres akan mengganggu hormon-hormon dalam tubuh. Hal tersebut juga dapat menggangu peredaran darah di kepala sehingga berefek terhadap rambut. Nutrisi pada rambut akan berkurang yang menyebabkan kerontokan pada rambut. Agar rambut kita tidak rontok terus menerus akibat stres, sebaiknya kita mengelola perasaan stres dengan baik dan benar.

  1. Ikat rambut

Kita sering menemukan para wanita yang memiliki rambut panjang mengikat rambut mereka. Mereka mengikat rambut agar rambut lebih tertata rapi. Selain itu, rambut yang diikat juga dapat menyelamatkan bad hair day kaum wanita. Namun, tahukah kalian apa efek dari mengikat rambut terlalu lama dan terlalu ketat? Mengikat rambut lebih dari 3 jam dan terlalu ketat mengakibatkan rambut rontok. Akar rambut akan tertarik secara tidak sengaja ketika kita melepaskan ikat rambut kita. Untuk itu, kita harus mengusahakan agar melonggarkan ikat rambut agar rambut tidak tertekan. Dan juga, kita harus berhati-hati ketika melepas ikat rambut.

Cara mengatasi masalah rambut

Untuk menghindari tiga masalah rambut di atas, kita bisa menerapkan beberapa tips berikut:

  1. Mencuci rambut secara rutin
  2. Menggunakan sampo sesuai jenis rambut dan permasalahan rambut yang dihadapi
  3. Menggunakan sisir yang cocok dengan jenis rambut
  4. Menghindarkan rambut dari paparan sinar matahari secara langsung
  5. Menutrisi rambut dengan memakan makanan yang bernutrisi dan menggunakan vitamin rambut agar rambut lebih sehat