Manfaat Mainan Edukasi yang Perlu Diketahui oleh Para Ibu Muda

Manfaat Mainan Edukasi yang Perlu Diketahui oleh Para Ibu Muda post thumbnail image

Manfaat Mainan Edukasi yang Perlu Diketahui oleh Para Ibu Muda

Tahapan perkembangan manusia yang paling penting dimulai saat tahap menjadi anak-anak.  Pada tahap menjadi anak-anak merupakan tahapan keemasan bagi seorang manusia. Di usia ini anak mulai belajar mengenal berbagai hal. Mereka mulai sering bertanya tentang hal-hal sederhana di sekeliling mereka. Mereka mulai mencoba melakukan sesuatu yang asing dan menarik menurut mereka.

Agar orang tua bisa mengoptimalkan perkembangan anak, sebaiknya orang tua mulai memperhatikan hal-hal sederhana seperti mainan. Karena mainan merupakan sesuatu yang disukai anak-anak. Selain itu, mainan yang tepat dapat melatih kemampuan motorik halus maupun motorik kasar pada anak. Mainan bisa terbuat dari berbagai macam bahan maupun bentuk.

Manfaat Mainan Edukasi

Mainan yang dapat meningkatkan perkembangan anak yakni mainan edukasi. Mainan edukasi dapat mengasah kemampuan anak melalui kegiatan bermain sambil belajar. Anak akan belajar tanpa mereka sadari. Ada berbagai manfaat yang bisa kita peroleh dari mainan edukasi, diantaranya:

1.      Mengasah kemampuan anak untuk berimajinasi atau berkhayal

Dengan menggunakan mainan edukasi, anak mulai mengasah kemampuannya dalam berimajinasi. Misalnya, ketika anak bermain dokter-dokteran, mereka membayangkan dirinya berada di sebuah klinik kesehatan dan mulai melakukan peran sebagai dokter, perawat, maupun pasien.

2.      Memperkuat daya fokus anak

Ketika anak bermain menggunakan mainan edukasi, anak akan terlatih untuk fokus pada mainan yang dimainkannya. Hal ini berpengaruh terhadap perkembangan belajar anak. Anak akan terbiasa untuk fokus pada satu hal.

3.      Melatih kemampuan anak dalam hal berbahasa

Pada tahap anak-anak, mereka mulai mempelajari Bahasa yang mereka dengar. Mereka sudah mampu menyerap informasi yang ada di sekitar mereka. Sehingga, ketika mereka memainkan sebuah mainan, mereka akan cenderung untuk menangkap informasi-informasi dari mainan tersebut serta lingkungan sekitar.

4.      Meningkatkan rasa percaya pada kemampuan diri anak sendiri

Ketika anak menyelesaikan sebuah permainan dengan baik, akan tumbuh rasa kebanggaan pada diri anak. Hal ini menyebabkan anak mulai tumbuh rasa percaya diri akan kemampuannya.

5.      Melatih anak dalam bersosialisasi dengan teman maupun lingkungan

Bermain tidak hanya dapat dilakukan seorang diri. Bermain yang menyenangkan dapat dilakukan bersama teman-teman yang lain. Bermain bersama teman, selain untuk sebuah kesenangan, hal ini juga dapat melatih anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Di pasaran, ada banyak jenis mainan edukasi. Namun, kita harus lebih teliti ketika membeli edukasi. Kita harus memperhatikan keamanan bahan, bentuk mainan, usia anak, sampai manfaat yang akan diperoleh. Selain mempertimbangkan hal-hal tersebut, kita juga harus memilih mainan yang terjamin kebersihannya. Hal ini dapat kita lakukan dengan memilih mainan yang mudah untuk dicuci. Untuk mainan yang diberi cat pewarna harus bebas dari logam-logam timah berbahaya.

Mainan edukasi memiliki ukuran yang besar dan beraneka ragam. Hal ini disebabkan mainan edukasi dibuat untuk melatih daya imajinasi dan kemampuan motorik anak. Mainan seperti lego dan balok adalah jenis mainan yang umumnya paling disukai oleh mereka.

Lego minifigures atau minifigur lego merupakan salah satu dari mainan edukatif yang cukup menarik.  Lego minifigur merupakan plastik kecil yang diolah dan dirubah menjadi berbagai bentuk. Lego minifigur dapat berbentuk kotak, tokoh, binatang, dan lain sebagainya. Mainan lego yang umumnya berbentuk kotak dapat dibentuk menjadi berbagai konstruksi seperti bangunan dan kendaraan. Untuk membuat konstruksi tersebut, potongan-potongan lego dirakit dan dihubungkan satu sama lain. Mainan lego diproduksi oleh perusahaan mainan di Denmark yakni Lego Group.

Related Post