Mengenal Mobile Banking dan Manfaatnya untuk Bisnis

Mengenal Mobile Banking dan Manfaatnya untuk Bisnis post thumbnail image

Teknologi mobile banking seperti sudah menjadi satu hal vital dalam kehidupan masyarakat modern. Tak hanya karena ragam kemudahan yang diberikan, teknologi ini juga secara praktis membantu pembentukan ekosistem pasar yang lebih cepat, efektif, dan efisien.

Mari kita coba lihat dari segi bisnis, bagaimana fitur mobile banking yang disediakan perbankan menjadi satu hal besar dalam kemajuan industri. Tapi sebelumnya, tak ada salahnya kita sedikit mundur ke belakang untuk memahami apa arti dari fitur yang diberikan ini.

Mengenal Mobile Banking, Transaksi Kapan Saja dan Di Mana Saja

Mobile banking atau biasa disingkat M-Banking, merupakan satu fitur yang disediakan perbankan dalam bentuk aplikasi di smartphone. Aplikasi ini kemudian dapat membantu nasabah bank dalam melakukan transaksi, seperti transfer, pengecekan saldo, hingga berbagai hal lainnya.

Untuk mendapatkan kemudahan ini nasabah tinggal mendatangi layanan pelanggan di bank, dan mengajukan aktivasi layanan ini. Bahkan pada beberapa bank, layanan ini bisa diaktifkan dengan fitur yang tersedia di ATM, tanpa harus datang ke bank sama sekali.

Sudah bisa dibayangkan bukan betapa layanan seperti ini bisa sangat membantu pebisnis dalam berbagai skala dalam urusan bisnisnya?

Fitur yang Disediakan M-Banking Juga Lengkap

Meski setiap aplikasi yang diberikan oleh bank memiliki fitur yang berbeda-beda, namun secara garis besar fiturnya sama. Menjalankan fungsi dasar aktivitas perbankan, berikut beberapa fungsi dasar yang biasanya disediakan oleh M-Banking ini.

  1. Melayani transfer, baik dalam satu bank atau berbeda bank, dengan cepat dna fleksibel (tarif transfer beda bank tergantung dengan ketentuan terkini).
  2. Pengecekan saldo tabungan yang dimiliki.
  3. Pengecekan mutasi rekening, biasanya dibatasi dalam tempo satu bulan kebelakang.
  4. Pembukaan rekening tabungan baru.
  5. Pembukaan rekening deposito.
  6. Investasi saham atau reksadana.
  7. Pengajuan kartu kredit.
  8. Pembayaran tagihan kartu kredit.
  9. Pembayaran tagihan lain, mulai dari tagihan rutin hingga tiket perjalanan.
  10. Mengisi saldo e-money atau e-wallet.

Mungkin pada layanan M-Banking yang Anda gunakan saat ini fiturnya lebih banyak atau lebih sedikit. Namun idealnya, kesepuluh fitur ini bisa ditemukan di hampir setiap layanan yang sudah tersedia sekarang ini.

Manfaatnya Bagi Bisnis yang Anda Kelola

Jika dari sisi pelanggan Anda keberadaan mobile banking ini bisa memudahkan urusan pembayaran, maka dari sisi bisnis yang Anda kelola, manfaatnya adalah sebagai berikut.

Urusan Transaksi Lebih Cepat

Transaksi yang dilakukan dengan mobile banking dapat dilaksanakan dengan lebih cepat. Ketika tagihan sudah muncul, pelanggan tinggal melakukan transfer antar bank saja, dan transaksi bisa dilanjutkan ke pengiriman.

Semakin cepat transaksi, semakin dimudahkan pelanggan, dan semakin cepat pula proses dalam bisnis Anda berjalan.

Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan

Pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan untuk menyelesaikan transaksi memang kini sudah tersedia dengan banyak cara. Namun tak dapat dipungkiri pula, tak semua pelanggan percaya dengan layanan atau kanal pembayaran yang diberikan.

Dengan menggunakan fitur mobile banking ini, setidaknya akan terpampang jelas nama tujuan transfer yang akan dijadikan rekening tujuan. Jadi sedikit banyak, dapat membuat pelanggan lebih percaya karena melibatkan pihak bank.

Kolabirasi dengan Payment Gateway

Satu layanan lagi yang dapat mendukung kemudahan pembayaran adalah payment gateway. Layanan ini bisa membantu Anda memiliki banyak akun sekaligus untuk bank yang berbeda, namun tetap nantinya diarahkan pada satu akun utama untuk dikelola.

Peran payment gateway nantinya akan jadi perantara sekaligus pihak yang melakukan otorisasi transaksi. Jadi, dari sisi keamanan, transaksi yang dilakukan akan terjamin dan pelanggan tak dibebani dengan biaya admin untuk transfer beda bank.

Pengelolaan Mutasi Rekening yang Praktis

Tidak dapat dipungkiri pada akhir dari setiap periode penjualan, akan dilakukan pencatatan dan evaluasi terhadap jumlah penjualan dan aktivitas keuangan. Tentu, Anda akan memerlukan catatan transaksi yang jelas dan detail tentang hal ini.

Alih-alih harus ke bank dan mencetak mutasi rekening, Anda bisa membuka riwayat transaksi dari aplikasi mobile banking yang Anda miliki. Jadi tinggal dilihat selama satu bulan ke belakang transaksi apa saja yang terjadi, dan dicatat pada bagian pembukuan.

Tapi bagaimana jika urusan ini juga dapat dipermudah lagi dengan bantuan layanan pengelolaan pembayaran online?

Layanan pengelolaan pembayaran online sekarang ini sudah demikian maju, sehingga bisa diintegrasikan dengan mudah dengan berbagai platform bisnis. Tapi Anda juga harus ingat, bahwa pemilihan layanan ini perlu dengan kecermatan, agar bisa benar-benar membawa manfaat untuk bisnis Anda.

Adalah Jokul by DOKU, salah satu layanan pengelolaan pembayaran online yang bisa mendukung bisnis Anda dalam menyediakan pembayaran mudah dan praktis untuk pelanggan. Penyediaan kanal pembayaran untuk banyak jenis metode membuat bisnis Anda semakin fleksibel, dan mudah dijangkau oleh pelanggan. Jadi pelanggan bisa dipuaskan dengan kemudahan pembayaran, dan di waktu yang sama Anda bisa dimudahkan dengan fitur pencatatan dan pengelolaan yang ringkas. Win-win solution untuk Anda dan pelanggan, mari berkembang bersama dengan Jokul!