Ide Terkini Pertanian TEKNIK MENANAM CABAI UNTUK PENGUSAHA PERTANIAN DI PADI UMKM

TEKNIK MENANAM CABAI UNTUK PENGUSAHA PERTANIAN DI PADI UMKM

TEKNIK MENANAM CABAI UNTUK PENGUSAHA PERTANIAN DI PADI UMKM post thumbnail image

Tips menanam cabai pertama yang baik dan benar agar hasil pertanian dengan olahan terbaik dapat dijual di pasar digital umkm yaitu Memilih bibit, Sebagaimana menanam tanaman pada umumnya, hal pertama yang harus kita lakukan untuk menanam cabai adalah melakukan pemilihan bibit. Tentu saja kamu harus memilih bibit cabai (rawit atau merah) yang berasal dari batang cabai sehat. Selanjutnya, kupaslah semua cabai yang ingin dijadikan bibit, ambil bijinya saja. Rendamlah semua biji cabai tersebut dengan air secukupnya. Setelah menunggu beberapa saat, pilihlah biji cabai yang terapung, karena biji yang tenggelam biasanya tidak baik untuk dijadikan bibit. Terakhir, jemurlah bibit cabai yang terpilih di bawah sinar matahari. Biarkan hingga bibit tersebut menjadi kering.

Tips menanam cabai kedua yang baik dan benar agar hasil pertanian dengan olahan terbaik dapat dijual di pasar digital umkm yaitu Menyiapkan semaian, Setelah berhasil memilih bibit cabai terbaik, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan semaian. Cara menyiapkan semaian yang paling populer biasanya bisa menggunakan polibag. Namun, untuk menghemat biaya sekaligus memanfaatkan sampah plastik, kamu dapat menggunakan plastik air mineral (bentuk cup/cangkir) bekas. Caranya: Kamu cukup melubangi bagian dasar botol plastik bekas tersebut sehingga ia memiliki lubang seperti polibag. Walaupun polibag populer, banyak juga petani di Indonesia yang lebih memilih menggunakan bendengan. Hal ini dikarenakan menurut mereka, metode penanaman cabai menggunakan bendengan dapat memberi hasil yang lebih maksimal.

Tips menanam cabai tiga yang baik dan benar agar hasil pertanian dengan olahan terbaik dapat dijual di pasar digital umkm yaitu Memindahkan bibit ke lahan yang lebih luas, Meskipun cabai hanya memiliki batang yang kecil, namun kita juga membutuhkan lahan yang cukup luas, tidak hanya sekedar lahan untuk membuat bendengan. Jika bibit cabai yang kita tanam sudah tumbuh dan memiliki daun kira-kira 5 helai, itu berarti kita harus memindahkannya ke lahan yang lebih luas. Pertama-tama, kita harus menggemburkan lahan terlebih dahulu. Setelah itu, kita harus membuat bendengan lagi dengan ukuran 1-1,5meter dan ketinggian sekitar 30 cm. Jarak antar bendengar harus berkisar 30-50 cm. Selanjutnya, kita harus melubangi tanah (di atas bendengan).

Tips menanam cabai empat yang baik dan benar agar hasil pertanian dengan olahan terbaik dapat dijual di pasar digital umkm yaitu Memupuk batang cabai, Sebagaimana tanaman pertanian pada umumnya, cabai juga harus diberi pupuk agar hasilnya lebih maksimal. Dalam pengembangan cabai, kita harus melakukan penyemprotan air secara rutin. Namun, air yang disemprotkan tidak boleh terlalu berlebihan. Selain itu, kita juga harus memberikan pupuk kandang yang dicampur dengan TSp atau Urea secukupnya ke tiap batang cabai. Walaupun demikian, para petani biasanya lebih percaya untuk menggunakan pupuk kandang murni karena sifatnya yang lebih alami dibanding pupuk kimia.

Tips menanam cabai lima yang baik dan benar agar hasil pertanian dengan olahan terbaik dapat dijual di pasar digital umkm yaitu Merawat tanaman cabai, Untuk mendapatkan hasil terbaik, kita harus melakukan penyiraman minimal 2 kali sehari dengan catatan airnya tidak terlalu berlebihan. Selain itu, kita juga harus membersihkan rumput atau tanaman parasit lain di sekitar tanaman cabai tersebut. Jika tanaman mulai terserang hama, penyemprotan dengan bahan-bahan sejenis pestisida tentu saja diperlukan.

Daftarkan toko anda sekarang juga untuk jual hasil pertanian anda di website pengadaan barang dan jasa BUMN, dan pastikan anda mengikuti tips ini jika ingin menjual hasil pertanian di PaDi UMKM ya!

Related Post